Minggu, 19 Mei 2024

Gibran Rakabuming Raka, Rekam Jejak Langkah Menuju Kursi RI-2, Wakil Presiden


  • Penulis Thomas Koten
  • Minggu, 28 April 2024 | 10:45
  • | Tokoh
 Gibran Rakabuming Raka, Rekam Jejak Langkah Menuju Kursi RI-2, Wakil Presiden Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)

Oleh: Thomas Koten

GIBRAN Rakabuming Raka, B.Sc. Itulah sosok anak muda yang namanya benar-benar sedang membumi dan memenuhi etalase ruang publik bangsa saat ini. Sebelumnya, Gibran dikenal sebatas sebagai putra sulung Bpk Joko Widodo, Presiden RI, sekaligus sebagai Wali Kota Solo atau Surakarta, dan seorang pengusaha.

Sekarang, Gibran telah menjadi Wakil Presiden terpilih mendampingi Prabowo Subianto sebagai Presiden terpilih untuk periode 2024-2029. Posisi sebagai Wakil Presiden terpilih itu setelah bersama Prabowo memenangkan kontestasi pemilu bulan Pebruari 2024 lalu. Kemudian ditetapkan secara resmi oleh KPU  24 April 2024  setelah melewati sidang sengketa pemilu  di Mahkamah Konstitusi –MK.

Ada hal menarik yang perlu diketahui dari Gibran adalah sejauhmana rekam jejak putra Presiden  ini sebelum melangkah menggapai ke kursi RI-2, khususnya rekam jejaknya selama menjadi Wali Kota Solo yang prestasinya tak kaleng-kaleng yang membuat Prabowo tertarik untuk memintanya menjadi calon Wakil Presiden mendampinginya. Dan kepastiannya menjadi cawapres setelah MK mengabulkan sebagian dari tuntutan batas usia capres dan cawapres pada Senin,  16 Oktober 2024

Dengan putusan tersebut, maka Gibran yang belum genap berusia 40 tahun bisa menjadi cawapres mendampingi Prabowo Subianto. Salah satu materi putusan lain dari MK adalah calon sudah menjabat kepala daerah entah sebagai gubernur atau bupati dan wali kota lewat proses pemilihan yang demokratis. Poin itulah yang menjadi pelengkap dan penguat syarat Gibran mengikuti kontestasi pemilu 2024 sebagai cawapres.

Ketika menjadi Wali Kota Solo, putra sulung Jokowi tersebut, meski baru 2 tahun memimpin kota Solo, Gibran telah banyak mengukir sejumlah prestasi indah dan berdampak sangat signifikan bagi kemajuan kota Solo. Itulah yang kemudian Gibran berhasil dinobatkan sebagai Wali Kota terpopuler tahun 2021 versi Indonesia Indikator.

Kepopuleran Gibran ini dari  pihak yang tidak suka, mengatakan lebih karena faktor Jokowi. Tetapi dalam kenyataannya, dia populer karena berbagai kebijakan dalam membangun kota Solo dengan sangat baik, memoles kota Solo menjadi sedemikian rupa jauh lebih hebat daripada sebelumnya.

Beberapa polesannya yang terkenal adalah merevitalisasi Pasar Legi, Taman Balekambang yang digadang menjadi destinasi wisata seperti candi Borobudur di Magelang, merevitalisasi Kasunanan Surakarta, kawasan kumuh Semanggi Mojo, dan yang paling cerdas adalah merombak pasar malam Ngarsopuro dan Koridor Gatot Subroto yang berkembang menjadi Malioboronya  Kota Solo. Gibran juga merintis proyek fenomenal Masjid Syekh Zayed, yaitu sebuah masjid hadiah Pangeran Uni Emirat Arab.

Sebuah langkah manis yang ikut dikenang adalah menjadikan Kota Solo menjadi salah satu dari kota paling toleran di Indonesia. Kota paling toleran secara berturut-turut dari satu sampai sepuluh, Singkawang, Bekasi, Salatiga, Manado, Semarang, Magelang, Kediri, Sukabumi, Kupang dan Surakarta atau Solo.

Dengan prestasi itulah Gibran mendapat penghargaan seperti penganugerahan Sertifikat Adipura kategori kota besar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Penghargaan Universal Health Coverage dari Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan

BIODATA:    

Lahir: 1  Oktober 1987, Surakarta

Istri: Selvi Ananda

Anak:  Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah

Orang tua: Joko Widodo (Ayah) dan Iriana (Ibu).

Hubungan keluarga : Kahiyang Ayu (adik kandung) Kaesang Pangarep (adik kandung), Boby Nasution (adik ipar) dan Erina Gudono (adik ipar).

Pendidikan: Pendidikan 9 tahun di Surakarta, Management Development Institute of Singapore dan Universitas Teknologi Sydney.

Pekerjaan: Wali Kota Surakarta dan Pengusaha.

 

 

Editor : Farida Denura
Penulis : Thomas Koten

Tokoh Terbaru