Jumat, 29 Maret 2024

Wow! Thailand Umumkan Penambahan 5 Taman Nasional Baru


 Wow! Thailand Umumkan Penambahan 5 Taman Nasional Baru Foto-Foto: tatnews.org / Chet Sao Noi Waterfall, Namtok Chet Sao Noi National Park, Saraburi

ARAHDESTINASI.COM: Otoritas Pariwisata Thailand (TAT) baru saja mengumumkan bahwa ‘Negeri Gajah Putih’ itu telah menetapkan 5 kawasan taman nasional baru dalam kurun waktu 2016 hingga 2019.

Penetapan itu sesuai dengan Rencana Strategis Nasional selama 20 Tahun Thailand, yang menargetkan peningkatan luas hutan menjadi 55% dari seluruh luas negara pada tahun 2037.

“Penetapan taman nasional atau hutan konservasi baru adalah bagian dari bagian dari rencana strategis tersebut. Penetapan dilakukan berdasarkan tiga mandat utama, yakni konservasi lingkungan, penelitian dan pengembangan rekreasi,” kata Gubernur TAT Yuthasak Supasorn.

Saat ini terdapat 133 taman nasional di Thailand. Taman Nasional Khao Yai merupakan taman nasional pertama yang ditetapkan pada tahun 1962. Taman-taman nasional itu bukan hanya berfungsi sebagai konservasi, tetapi juga dimanfaatkan untuk kepentingan pariwisata.

Selama 2016 hingga 2019, Thailand telah menambahkan 53.120 hektare area hutan tambahan di taman nasionalnya. Total area hutan di Thailand saat ini mencapai 31,68% dari seluruh area nasional.

Sesuai dengan rencana strategis nasional, saat ini sedang dipersiapkan penambahan 22 taman nasional lainnya, termasuk 11 taman nasional darat dan 11 taman nasional laut, dengan total 13% dari seluruh area nasional.

Berikut lima taman nasional yang ditetapkan selama 2016 hingga 2019.

Taman Nasional Namtok Chet Sao Noi
Ditetapkan Desember 2016 sebagai taman nasional Thailand ke-129. Memiliki air terjun indah yang disertai dengan beberapa versi legenda menarik. Namtok Chet Sao Noi memiliki luas 40,89 kilometer persegi, meliputi distrik Muak Lek dan Wang Muang di Provinsi Saraburi dan distrik Pak Chong di provinsi Nakhon Ratchasima.

tn2

Doi Ku Sathan or Doi Thong, Khun Sathan National Park, Nan

Taman Nasional Khun Sathan
Ditetapkan pada 25 Maret 2017, sebagai taman nasional Thailand ke-130, Taman Nasional Khun Sathan meliputi area seluas 404,52 kilometer persegi di distrik Na Noi dan Na Muen di provinsi Nan. Punggung gunung Doi Phrae Mueang memisahkan batas antara provinsi Phrae dan Nan. Sementara Doi Ku Sathan berada 1,630 meter di atas permukaan laut.

tn3

Mae Takhrai National Park. Photo credit: Department of National Parks, Wildlife and Plant Conservation

Taman Nasional Mae Takhrai
Ditetapkan 16 Desember 2017, sebagai taman nasional Thailand ke-131 dengan area seluas 356,66 kilometer persegi di San Kamphaeng, Doi Saket dan distrik Mae On di provinsi Chiang Mai bersama dengan distrik Ban Thi dan Mueang di Lamphun. Taman ini memiliki banyak anak-anak-anak sungai dari Sungai Ping. Menawarkan pemandangan indah seperti ,air terjun, tebing dan mata air panas.

tn4

Water fall in Than Sadet-Ko Pha-Ngan National Park.

Photo Credit: Department of National Parks, Wildlife and Plant Conservation

Taman Nasional Than Sadet-Ko Phangan
Ditambahkan pada 22 November 2018, sebagai taman nasional Thailand ke-132. Terletak di Ko Phangan, sebuah pulau yang berjarak 100 kilometer dari pantai Surat Thani dan menempati area seluas 44,99 kilometer persegi. Taman nasional ini memiliki hutan belantara di pegunungan terjal. Khao Ra adalah puncak tertinggi di ketinggian 627 meter.

tn5

Doi Chong National Park. Photo Credit: Department of National Parks, Wildlife and Plant Conservation

Taman Nasional Doi Chong
Ditetapkan sebagai taman nasional ke-133 pada April 2019, meliputi area seluas 346,18 kilometer persegi di distrik Sop Prap, Thoen dan Mae Phrik di provinsi Lampang dan distrik Li serta Thung Hua Chang di provinsi Lamphun. Taman ini menawarkan suasana pegunungan. Titik tertinggi, Doi Jong adalah 1.379 meter di atas permukaan laut. (*)

 

Editor : Lintang Rowe

Mancanegara Terbaru