ARAH KITA | ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH DESA | SCHOLAE

Tingkat Kepuasan Milenial dan Gen Z terhadap Pemerintahan Jokowi Capai 80,9 Persen

Selasa , 15 Juni 2021 | 20:00
Tingkat Kepuasan Milenial dan Gen Z  terhadap Pemerintahan Jokowi Capai 80,9 Persen
Tingkat kepuasan milenial dan Gen Z terhadap pemerintahan Jokowi capai 80,9 persen. (Antaranews)

JAKARTA, ARAHPOLITIK.COM - Temuan survei yang dilakukan Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan tingkat kepuasan terhadap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf di kalangan milenial dan gen Z mencapai 80,9 persen.

"Tingkat kepuasan kalangan milenial dan gen Z terhadap Jokowi tembus 80 persen," kata Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta SK dalam siaran pers-nya, di Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Tingginya kepuasan generasi muda mencerminkan optimisme terhadap masa depan Indonesia di tangan Presiden Jokowi yang kini memasuki periode kedua.

Menurut dia, fenomena itu menjadi isyarat yang positif bagi apa yang selama ini kerap didengungkan sebagai bonus demografi.

Kekhawatiran bahwa pertumbuhan pesat populasi anak muda bakal menjadi beban bagi masa depan tampaknya tidak terbukti.

Kalangan milenial dan gen Z, kata Okta, merasa bahwa arah kemajuan yang gencar didorong oleh Jokowi sudah tepat dan memenuhi aspirasi mereka.

"Hal ini menjadi modal penting bagi pemerintah dan bangsa ini untuk menatap masa depan dengan lebih baik," tutur-nya.

Di sisi lain survei yang dilakukan CPCS juga memotret bahwa pilihan milenial dan gen Z cenderung rendah terhadap partai-partai koalisi pemerintah.

"Tampaknya terjadi kesenjangan antara figur Jokowi dengan partai-partai politik pendukung pemerintah, di mana anak-anak muda memberi apresiasi yang lebih positif terhadap Jokowi," tutur Okta menjelaskan.

Demikian pula dengan figur calon presiden yang diunggulkan pemilih milenial dan gen Z bukanlah Prabowo Subianto atau Puan Maharani, tetapi Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil.

Ganjar yang bukan figur sentral di PDIP dan RK yang independen lebih mendapat dukungan kalangan milenial dan gen Z.

"Menarik, bagaimana endorsement Jokowi terhadap capres yang bakal maju pada Pemilu 2024, di mana Jokowi sendiri hanya kader biasa atau 'petugas partai' dan hubungannya dengan partai-partai yang kini mendukungnya," ujar Okta.

Sementara itu ketidakpuasan terhadap Jokowi sangat rendah (15,4 persen), sisanya tidak tahu/tidak jawab (3,7 persen).

Survei CPCS dilakukan pada 1-10 Juni 2021, dengan jumlah responden 1.200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia dan berusia 16-39 tahun.

Survei dilakukan melalui sambungan telepon terhadap responden yang dipilih secara acak dari survei sebelumnya sejak 2019. Margin of error survei sebesar ±2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 


Editor : Farida
KOMENTAR